Ki Tepus

Ki Tepus

Ketua Angkatan IV - Ki Tepus

Ketua Angkatan IV, Ki Tepus , Pediksan Sesepuh pada abad ke 12-caka tahun ke 41-bulan ke 6, hari ke 15 ( caka warsa 1141 )

Setelah Ki Hanuraga Tua, beliau mengangkat Ki Tepus yang nama aslinya I Made Tepus menjadi Sesepuh generasi ke 4 Paiketan Paguron Suling Dewata. selama menjadi Sesepuh generasai ke 4, beliau mengangkat berpuluh puluh yogi dan beberapa diantaranya yang terkenal dan sering membantu mengurus perguruan yaitu : KI Wela, Ki Dura, Ki Baka, Ki Prada, Ki Jumpungan, Ki Kenceng, Ki Lembang, Ki Merta, Ki Pageh, Ki Belancang, Ki Jengkang, Ki Candung, Ki Wangket, Ki Nirdon, Ki Kebo Iwa, Ki Pepaka, Ki Eanwikan, Ki Bejugjag.

Pada masa kepemimpinan Ki Tepus, nama Ki Merta dicatat sebagai siswa perguruan generasi ke 4, utk menghakhiri pembicaraan dan renungan mengenai tindakan Sesepuh sebelumnya yang memberikan kesempatan orang luar mempelajari Ilmu dari Perguruan Seruling Dewata. dan sejak saat itu para Yogi dilarang membicarakan dan mengungkit -ungkit hal tersebut. selain itu Paguron Suling Dewata mulai melarang keras mengajarkan ilmu perguruan diluar anggota perguruan. Ki Tepus menulis 2 buah buku silat yaitu : kitab Ilmu Silat 35 Lintang dan Ilmu Silat 30 Wuku.

sumber : serulingdewatabali